Tol Madiun Kebanjiran, Ulah Bengawan Solo

0

Setiap musim hujan tiba, Pakde akan selalu mengingatkan kita semua untuk waspada terhadap datangnya banjir dan bencana ikutan lainnya. Jika terjadi peningkatan curah hujan, maka besar kemungkinan beberapa kawasan akan tergenangi air. Hal ini yang terjadi dan menjadi viral beberapa waktu lalu di beberapa ruas jalan Tol  Solo – Kertosono terendam banjir dan setidaknya 15 kota di Jawa Timur dilaporkan juga mengalami banjir. Madiun menjadi area terparah.

☹ Apa karena kajian amdal dan pengadaan infrastrukturnya nggak pas bulek ?

😊 Sebelum ke sana, kita kaji dulu dari faktor alamnya ya thole

Pulau Jawa, termasuk Provinsi Jawa Timur memang memiliki potensi banjir tidak hanya karena alih guna fungsi lahan tetapi juga karena kondisi alamnya. Hanya karena meningkatnya curah hujan maka beberapa area akan tergenangi air. Januari lalu, BMKG merilis prediksi area yang berpotensi mengalami bencana banjir. Hampir kelimabelas kota yang kini mengalami banjir termasuk dalam zona kuning.

☹  Kok pakde bude di BMKG bisa tau yaa..

Dataran banjir kebanjiran

Terdapat beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab terjadinya banjir.

Pertama, karena adanya luapan pada area sungai. Pada kawasan ini luapan terjadi di sepanjang  aliran S. Bengawan Solo yang memanjang hingga 600 km melalui beberapa kota. Aliran menggenang pada dataran banjir (flood plain). Saat curah hujan tinggi maka kapasitas air akan melebihi tubuh sungai, maka air akan melimpas.

Diapit tinggian berpotensi kebanjiran

Lokasi banjir di Jawa Timur pada peta DEM SRTM (Ketinggian)

Banjir juga dapat yang terjadi pada daerah lembah yang dikelilingi oleh tinggian, mekanisme banjir ini yang terjadi di Bandung. Sedangkan pada Jawa Timur, terdapat tiga shaf tinggian yang memanjang dari barat – timur, Tinggian Zona Rembang, Tinggian Zona Kendeng, dan jajaran Gunung Api. Diantara tinggian ini akan terbentuk area – area lembah yang mendapat kiriman air dari daerah tinggian yang curam disekitarnya. Selanjutnya, banjir karena lokasinya yang berada di sepanjang pesisir pantai atau kita kenal dengan istilah banjir rob. Saat intensitas curah hujan bertambah maka muka air laut juga akan bertambah tinggi. Air laut merambat menggenangi daratan. Sebenernya masih ada beberapa penyebab banjir lainnya, seperti badai katrina yang kerap menyebabkan kawasan di Amerika terendam banjir atau karena melelehnya es.

☹ kalau Banjir di Madiun kemaren itu kenapa banjirnya ikut nrabas jalan tol, mbok ya mlipir lewat jalan biasa gitu yang gratis

🙂 Hussh..

Banjir Tol Madiun

Madiun menjadi kota terparah, ketinggian banjir hingga paling parah mencapai ketinggian 5 meter.  Musababnya area berada di kawasan cekungan DAS Sungai Bengawan solo, dan tepatnya berada di kelokan Sungai, di mana pada bagian kelokan sungai yang menggerus tanggul alam akan sangat berpotensi terjadi luberan. Terlebih lagi Madiun diapit oleh Gunung Lawu dan Gunung Nglimna sebagai penahan aliran air. Sehingga saat curah hujan tinggi maka otomatis kawasan ini menjadi kolam renang dengan pancuran yang berasal dari aliran S. Bengawan Solo.

☹ Jadi ceritanya jalan tolnya malah bisa jadi penahan limpasan banjir yang datang dari arah bengawan solo ya bulek.. bendungan tambahan..

😊 doakan saja semoga intensitas curah hujannya berkurang, jadi banjir bisa segera surut atau disurutkan, biar jalan tolnya bebas hambatan lagi..alam tak bisa dibohongi, ia selalu punya cara untuk menyetabilkan dirinya, tinggal manusia mau jujur berupaya menyesuaikan dirinya atau tidak

Liked it? Take a second to support Dongeng Geologi on Patreon!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here