Amblesnya Jalan Raya Gubeng Surabaya

2

Amblesnya jalan Raya Gubeng itu sebenarnya disebabkan oleh ambrolnya dinding penahan. Atau akibat konstruksi ketimbang proses alami biasa.

Adanya pengembangan RS Siloam yang membuat Basement, dan memasang dinding penahan (retaining wall). Namun kemungkinan (masih dugaan) karena kurang kuat menahan beban sehingga membuat dinding ambrol membuat Jalan Gubeng Ambles. Kemungkinan lain adanya perubahan muka air tanah akibat hujan yang menyebabkan beban bertambah dan dinding tidak kuat menahan.

Secara geologi tidak ada patahan yang terpetakan di daerah ini. Sehingga kecil kemungkinan akibat adanya gerak-gerak tanah yg dinamis. BMKG sudah melakukan ferifikasi tidak ada gempa pada saat kejadian Jalan Gubeng Ambles .

Bagaimana dengan bangunan di sekitarnya apakah berbahaya?

Perlu diantisipasi kemungkinan merembetnya longsoran akibat longsornya dinding ini. Bangunan sekitar perlu dievaluasi, dan diamati apabila ada perubahan kontsruksi, retak, miring dan distorsi bentuk geometri bangunan.

Apakah peristiwa seperti ini sudah pernah terjadi sebelumnya, di mana saja?

Ini mirip kejadian di dinding badan jalan di Airport Soeta Jakarta beberapa waktu lalu. Disana diperkirakan akibat pembangunan diatasnya yang menambah beban. Terutama akibat muka air tanah yang naik saat musim hujan.

Umumnya apa saja yang menyebabkan tanah atau jalan bisa ambles Jalan Gubeng Ambles ?

Ambrolnya dinding ini karena adanya perubahan morfologi. Secara mudah, alam itu memiliki kondisi stabil kalau tidak diganggu. Nah manusia bisa membangun dengan sedikit menganggu alam dengan bantuan tehnologi, misal membangun dinding. Namun dinding ini harus KUAT menahan beban dari samping.

Ini sebenernya ambrol ke samping akibat perubahan morfologi (kemiringan lereng), jadi bukan ambles kebawah.

Secara khusus tidak hanya jalan raya yang perlu mengantisipasi perubahan akibat musim hujan atau peristiwa alam lain. Kalau dari sisi geologi, setiap batuan memiliki kekuatan yang berbeda-beda. Juga memiliki dinamika berbeda saat terkena air. Sehingga perlu diketahui kondisi batuan serta morfologi tanahnya sebelum dibangun konstruksi diatasnya. Termasuk membangun jalan, jembatan maupun gedung.

Follow id Dongeng Geologi di @ dongenggeologi

Liked it? Take a second to support Dongeng Geologi on Patreon!

2 KOMENTAR

  1. Pakde…. apakah boleh dinding penahan tersebut di bolong bolongin mirip dengan yang biasa kita lihat di pinggiran jalan tol. tujuannya ya biar airnya mengalir dan tidak menambah beban.
    Karena sifat konstruksinya masih temporary. kalo sudah benar benar difungsikan mungkin bisa diperkuat lagi betonnya biar bisa menahan beban air

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here