Letusan Kubah Lava

0

Gunung Merapi merupakan salah satu dari segelintir gunung api di dunia yang memiliki tabiat letusan yang unik, letusan “Kubah Lava”, seperti halnya Letusan Gunung Pelee di Perancis dan G. Unzen di Jepang yang mendunia karena kedahsyatan dampak dari letusannya.

Meski masih dikategorikan rendah, kini Kubah Lava G. Merapi terus menunjukkan pertumbuhan yang significant. BPPTKG merilis data terbaru, 10 September 2018, Kubah Lava Merapi mencapai 93.000 m3 dan akan terus berkembang.

Mekanisme letusan kubah lava

Kubah lava terbentuk dari magma kental yang muncul pada kawah gunung api, kemudian mendingin secara cepat karena interaksi dengan udara di permukaan. Komposisinya kaya akan silika. Diameternya mulai dari beberapa meter saja dan bisa mencapai hingga lebih dari 1 km, tergantung pada suplai magma dan geometri kawah. Lava dome ini pertumbuhannya tergolong ‘adem ayem’ lambat dan pergerakannya seolah tidak membahayakan. Tapi jangan salah, memang  bukan pertumbuhannya yang berbahaya, melainkan longsoran yang disebabkan nantinya.

Guguran Wedhus Gembel

Meningkatnya aktivitas magma akan memberikan dorongan yang semakin membesar yang mengakibatkan perubahan bentuk pada kawah. Suplai magma yang menerus akan menambah volume  kubah lava sehingga semakin lama kubah lava menjadi tidak stabil. Dua hal ini memperbesar kemungkinan terjadinya guguran kubah lava.

☹ Berarti semacam longsor yang terjadi di puncak gunung ya bulek, tapi kan lokasinya jauh dari pemukiman jadi ya ndak bahaya..

☺ Weeeh, Gunung Merapi itu termasuk gunung yg memiliki pemukiman yg paling dekat dengan puncaknya. Ya “kudu” ekstra hati-hati, Thole.

Bagian permukaan lava yang mengeras, ketika terjadi guguran akan meningkatkan tekanan internal dari aliran, ditambah lagi lereng gunung api aktif yang relatif terjal akan semakin menambah kecepatan dan jangkauan aliran. Tidak hanya itu, bagian dalam kubah lava yang masih belum sepenuhnya mendingin mengakibatkan aliran piroklastik memiliki suhu yang relatif tinggi, cukup untuk membumihanguskan daerah yang

Kubah Lava Merekam Dongeng Gunung Api

Bagi saintis, kubah lava banyak menyimpan cerita. Untuk kepentingan mitigasi bencana erupsi gunung api, maka pemahaman mengenai mekanisme guguran lava menjadi begitu penting. Selain itu, berbeda dengan material letusan lainnya yang menyebar, kubah lava terpreservasi pada area kawah sehingga dapat memberikan gambaran mengenai geometri dapur magma di bawah permukaan. Gas yang terperangkat pada kubah lava juga menjadi obyek penelitian yang menarik untuk mengetahui bagaimana karakteristik fluida dan gas yang terkandung dalam magma selama proses erupsi terjadi.

☹ Tapi sereem jugaa ya bulek, apa ada yang mau neliti, ambil sampelnya sampai ke kawah..

😊 Haduh.. bulek juga ndak berani kalau yang itu thole..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here