Status Waspada : Memantau Kubah Lava Merapi

0

Memori letusan magmatik Merapi 2010 belum terlepas dari ingatan. Serangkaian erupsi berlangsung selama sebulan lamanya menghempaskan 100 juta m3 material piroklastik yang mengakibatkan 386 warga meninggal dunia dan setidaknya 300.000 warga diungsikan. Kini tumbuhnya kubah lava menandai dimulainya kembali fase letusan magmatik G. Merapi seperti letusan 2010 silam.

Memoar letusan Merapi 2010

Beberapa waktu lalu, G. Merapi menunjukkan gejala adanya aktivitas magma yang bergerak muncul ke permukaan membentuk kubah lava, menandai masuknya fase magmatik. Kubah lava terus mengalami pertumbuhan. BPPTKG merekam pergerakan tersebut mulai 18 Agustus hingga kini.

Grafi volume dan laju pertumbuhan kubah lava menunjukkan pola laju yang fluktuatif

Saat ini (10/9) kubah Lava sudah mencapai volume 930.000 m3 dengan laju pertumbuhan yang fluktuatif. BPPTKG merilis bahwa belum ada deformasi dan perubahan morfologi yang significant, artinya kondisi kawah dan kubah masih stabil. Meski begitu, sebagai antisipasi dan pencegahan terhadap hal – hal yang tidak diinginkan, kawasan dengan radius 3 km dari kawah harus dikosongkan dari aktivitas penduduk.

☹ sekarang udah makin mblegenduk ya bulek.. tapi kan pergerakannya tergolong lambat bulek, apa bahayanya?

😊 Letusan karena gugurannya bisa menghasilkan aliran piroklastik yang mematikan thole

☹ Suereem.. berarti mirip wedhus gembel yang dulu itu menewaskan Mbak Marijan yaa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here