Setelah Digencet Lombok Terdongkrak Hingga 40 Cm

3

Pulau Lombok sedang mengalami tekanan sangat berat. Setelah mengalami gempa kuat dengan kekuatan 7.0 M yang didahului dengan gempa 6.4M, diketahui Pulau Lombok digencet dua patahan besar, ternyata Pulau Lombok telah terdongkrak hingga 40 Cm.

🙁 “Ah Pakdhe nyebar hoax niih …”
😀 “Ini beneran. Melihatnya juga dari satelite, Thole”.

Mekanisme pematahan yang terjadi di utara Pulau Lombok ini memang mampu mengangkat Pulau Lombok. Mekanisme ini sering disebut sebagai “pop-up” (menyembul). Gejala ini juga terjadi di Pulau Jawa. Dan pernah di dongengkan disini : Pantai Selatan Jawa Didongkrak ! Bahkan seluruh Pulau Jwa diceritakan disitu dengan fenomena berubahnya aliran Sungai Bengawan Solo.

Untuk mengetahui seberapa besar terdongkraknya pulau ini, para ahli geologi/geomorfologi menggunakan citra satelit sebelum dan sesudah terjadinya gempa. Tentusaja perlu diverifikasi dengan pengamatan di darat, atau dilokasi yang diteropong dari satelit.

Salah satu gejala yang dapat teramati di pantai barangkali adalah maju atau mundurnya garis pantai.

Diatas itu contoh penampakan Pulau Andaman dan Nicobar akibat terangkat dan amblas pasca gempa.

Pantai Selatan Jawa Didongkrak !

 

 

3 KOMENTAR

  1. maaf pak de… sy awam di bidang geologi… mohon disederhanakan.. apakah ada potensi gempa susulan skala besar dan tsunami, atau gempa kecil2 beragam skala terkait dengan hal di atas.

  2. saya pernah membaca tulisan ini beberapa hari yg lalu dan kebetulan pada hari sabtu saya lewat jalan yg di maksud gambar pada post ini sambil mengantar bantuan ke korban gempa KLU..tiba tiba aku teringat tnttng tulisan yg pernah aku baca dan aku amati jalan disana terutama di pinggiran jalan ato beberapa meter dari bibir pantai tapi tidak satu pun dlm pengamatan ku permukaan tanah yg naik klo yg ambrol/amblas ke dalam itu banyak..mungkin permukaan gak bisa di ukur dgn mata telanjang kali ya??

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here