Semburan gas di sumur air hingga 30 meter !!

0

Ada sebuah kejadian yang mengagetkan masyarakat dengan semburan sumur yang sudah lama diproduksi aman-saman saja, namun tiba-tiba menyembur hingga setinggi 30 meter !!. Tentunya agak sedikit aneh, kalau sebelumnya menyebur saat sumur dibor, dan karena tidak tahu adanya kantung kas.

Kejadiannya pada hari minggu tanggal 5 Mei 2018, sekira jam 05.30 WIB, di sawah milik sdra Muji yang terletak di Dsn. Weru Desa Sidolaju Kec. Widodaren telah muncul semburan gas dari sumur sawah,

🙁 “Pakdhe, ini sumurnya sudah diproiduksi airnya selama beberapa bulan. Sebelumnya aman-aman saja”

Yang sering terjadi adalah saat melakukan pengeboran kemudian menembus lapisan pasir yang mengandung jebakan gas. Namun kali ini sumur konon sudah diproduksi cukup lama, bahkan sudah dibuat rumah pompa. Namun semburan tetap saja terjadi.

Memang tidak seperti biasanya, namun kemungkinan terjadi akibat lapisan air yang diproduksi ini ini telah mengurangi tekanan. Sehingga karena adanya perbedaan tekanan yang cukup besar ini mampu menjebol lapisan tudung, berupa lempung tipis diatas gas yang terjebak dibawahnya.

Pengambilan air diatasnya telah mengurangi tekanan, sehingga ada perbedaan tekanan yang cukup besar untuk menjebol lapisan tudung penutup gas yang terjebak.

🙁 “Whaduh, Pakde, terus gimana donk ?”
😀 Seperti jebakan kantong gas pada umumnya, Thole. Nanti setelah gasnya habis sumur ini akan kembali normal”

Banyak jebakan gas rawa didaerah rendah yang landai, termasuk disekeliling sungai di sekitar Ngawi ini. Bahkan konon kejadian semburan gas di Ngawi ini bukanlah yang pertama kali terjadi.

Tulisan tentang terbentuknya jebakan gas rawa, serta fenomena semburan gas ini sudah pernah dituliskan disini :

Mengapa Mengebor Sumur Tidak Boleh Sembarangan. Kasus Kebakaran Sumur di Aceh

Semburan Gas Pada Sumur Air, Kok Bisa ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here