“Permafrost” yang Mencair Membentuk “Lava Tanah Rumput”

0

Penampakan aliran longsoran yang sangat menakutkan ini membuat banyak rakyat di Dataran Tinggi Tibet terkejut ketika mereka tiba-tiba melihat lereng bukit mulai mencair seperti lava – melanda rumah dan mobil. Kejadian tahun 2017 ini memang unik, sangat langka terjadi.

Gelontoran tanah yang sangat banyak itu mulai berjalan meliuk-liuk di dasar lembah, mengaduk rumput dan tanah.

πŸ™ “Iya ini apa sih Pakde ?”
πŸ˜€ “Itu Permafrost yang mencair diatas bukit. kemudian seperti tanah yang diguyur air, akhirnya atanah bercampur air ini meluncur melalui lembah.”

Jadi, ‘lava berumput’ ini sebenarnya adalahΒ  pencairan permafrost (air tanah yang membeku) di Dataran Tinggi Tibet, daerah pegunungan yang sangat besar di Cina barat daya.

Kejadian ini adalah sebagai akibat dari tanah yang tergenang air di atas permafrost, yang akhirnya menyebabkan tanah bercampur air yang sebagian masih beku meluncur di lereng ke bawah karena gravitasi.

Dalam video tersebut, lumpur tampaknya benar-benar menelan mobil, dan sebuah rumah pertanian kecil atau bangunan tambahan yang terletak di lapangan. Menurut China News, beberapa keluarga dan peternakan terpengaruh oleh kejadian ini.

Seluruh peternakan terpaksa pindah.

Permafrost adalah tanah, termasuk batu dan tanah yang telah berada di bawah titik beku air (0’C) selama beberapa tahun. Mungkin kita di Indonesia tidak akan melihat gejala seperti ini. bahkan disanapun tidak selalu jelas karena es dan tanah tidak selalu dapat terpisahkan kenampakannya, jadinya permafrost kadang-kadang memiliki penampakan tanah normal.

Padang rumput di Dataran Tinggi Tibet ini sering digunakan untuk pertanian dan peternakan karena rumputnya subur. Sapi dapat dilihat di latar belakang rekaman, dengan kawanan telah dibuatkan jalan untuk penyelamatan.

πŸ™ “Untung ga ada seperti itu di Indonesia ya Pakde?”
πŸ˜€ “Setiap daerah memiliki bahaya alamnya sendiri-sendiri Thole. Kamu juga jangan buang sampah sembarangan yang menutup got trus jadi banjir !”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here