Tsunami Pandeglang, Kota Aman !

0

Tsunami Pandeglang, Kota Aman

🙁 “Pakde yang penting itu Pandeglang TSUNAMI aman atau tidak, soalnya katanya 57 meter eh!”.

😀 “Tunggu sebentar Thole. Lihat dulu gambar”

Beritanya memang menyebutkan bombastis. Pandeglang mempunyai ancaman tsunami 57 meter !!. Namun sebelum ikutan panik akan lebih baik kita melihat dulu duduk persoalan mendasar yang kadang terlewatkan.

Pertama sudah tahu bahwa tsunami Pandeglang yang diperkirakan itu memang bisa saja terjadi tetapi kemungkinannya akan lebih kecil dari angka itu. Paling tidak kalau kita lihat data sejarah yang sudah diketahui hingga kini dari Katalognya Soloviev dan Go 1974.

Tsunami Pandeglang, Kotanya Aman
Ketika terjadi gempa, maka muka air laut disekitar tempat terjadinya gempa dangkal akan terangkat. Kenaikan muka air ini akan diikuti dengan penjalaran gelobang ke darat maupun ke lautan lepas. Ketika sampai di pantai gelombang ini akan terpecah dan air akan naik ke darat. Ketika mengalir dapat mencapai ketinggian yang disebut tinggi “run-up” yang maksimumnya 57 meter. Tentunya ada yang lebih rendah. Nah Kota Pandeglang itu pada ketinggian 200 meter dari muka air laut. Jadi dipastikan aman, karena air tidak akan mencapai ketinggian itu.

Kalau kita lihat yang namanya Kabupaten Pandeglang, maka kabupaten ini merupakan kawasan yang sangat luas dibagian paling ujung Barat Daya dari Pulau Jawa. Nah kalau mendengar Pandeglang kebanyakan langsung menunjuk pada kota Pandeglang yang letaknya ditengah-tengah, sekitar 50 Km dari pantai selatan dan 25 Km dari pantai barat Jawa.

Nah kalau digambarkan maka sebenernya ketika terjadi tsunami, Kota Pandeglang itu akan aman, karena ketinggian Kota Pandeglang  ini diatas 200 meter. Memang yang perlu waspada adalah pesisirnya. Dan itupun kalau terjadi tsunami sebesar itu.

😀 “Jadi, Thole kamu perlu waspada, tetapi jangan panic”

Coba simak lagi  gejala – gejala tsunami yang pernah terjadi di Jawa Barat beberapa tahun silam

Model West Java Tsunami 17 July 2006

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here