Arsen : Kontaminasi di Kawasan Panas Bumi

0

Ternyata energi panas bumi tidak sepenuhnya bersifat ramah lingkungan. Secara alamiah, fluida panas bumi membawa unsur-unsur logam berat ke permukaan, salah satunya unsur arsen. Arsen (As) muncul bersama dengan kontaminan lingkungan lainnya seperti merkuri (Hg), antimon (Sb), selenium (Se), talium (TI), boron (B) , lithium (Li), fluoride (F) dan hidrogen sulfida (H2S).

๐Ÿ™ Kayak pernah denger bulek, arsen itu yang dicampurin ke kopi itu yaa?

๐Ÿ™ย  itu sianida. Tapi arsen ini juga pernah digunakan untuk racun dalam makanan, contohnya saat kasus pembunuhan Munir, tokoh legendaris pembela HAM.

Arsen berdampak buruk bagi kesehatan, yaitu sebagai pemicu berbagai jenis kanker. Unsur arsen masuk ke dalam tubuh melalui konsumsi air minum dan makanan. World Health Organization (WHO) menetapkan batas maksimum konsentrasi unsur Arsen pada air yaitu sebesar 0,01 mg/l.

Purnomo dan Pichler (2014) melakukan pendataan konsentrasi arsen pada manifestasi di area geotermal dan beberapa kawasan di luar area gunung api sebagai standar kandungan arsenย  pada kondisi umumnya.ย  Dari penelitian di Pulau Jawa ditemukan bahwa pada kompleks gunung api dan panas bumi aktif mengandung konsentrasi arsen yang sangat tinggi.

๐Ÿ™ Jadi arsen muncul dari proses erupsi gunung api bulek?

๐Ÿ™‚ arsen ini larut dalam fluida hidrotermal pada komplek gunung api dan geotermal aktif.

Setidaknya terdapat tiga skenario kemunculan Arsen di permukaan. Pertama, Arsen muncul dibawa oleh fluida magmatik yang berhasil mencapai permukaan melalui sesar sehingga tidak terjadi interaksi yang intensif dengan batuan samping. Kedua, Arsen dibawa oleh fluida hidrotermal yang berinteraksi dengan batuan beku sebagai host rock yang kaya akan unsur Arsen. Ketiga, Arsen dibawa oleh senyawa kimia pestisida yang digunakan oleh manusia dalam aktivitas pertanian.

๐Ÿ™ Terus kenapa bisa meracuni manusia tho bulek.. kan kita ndak minum airnya..

๐Ÿ™‚ Soalnya Pakdhe Webster sama Pakdhe Mohapatra pernah neliti kalau arsen itu mudah berpindah โ€“ pindah dari air tanah ke tanah di sekitarnya.. nanti bisa teradsorpi sama akar โ€“ akar tumbuhan

Pakdhe Webster meneliti bahwa Arsen pada larutan dapat berpindah ke air tanah dan air permukaan kemudian teradsorpsi pada sedimen di sekitarnya. Tidak hanya pada sedimen, Pakdhe Mohapatra juga melakukan pengujian terhadap mineral lempung dan menunjukkan bahwa mineral lempung dapat mengadsorpsi Arsen. Arsen pada sedimen dan tanah kemudian teradsorpsi oleh akar-akar tumbuhan dan terkonsumsi oleh Manusia.

๐Ÿ™ terus gimana bulek ?

๐Ÿ™‚ Ada banyak metode yang sekarang ini sedang dikembangkan untuk mengikat arsen yang ada pada fluida.. Makanya, belajar yang rajin ya thole biar besok bisa menyelesaikan masalah lingkungan di sekitar kita

๐Ÿ™ iya yaa bulek, ternyata masalah lingkungan nggak melulu secara fisik, tapi bisa juga secara kimiawi..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here