Mengapa Bulan Bisa Berwarna Merah ?

0
Ilustrasi proses Gerhana Bulan Total 31 Januari 2018

Tanggal 31 Januari ini banyak yang akan mendongak keatas melihat bulan. Konon bulan akan berwarna merah. Kok bisa ?

🙁 “Pakde katanya selain Red Moon ada Blue Moon. Bisa biru juga ya ?”
😀 “Thole Kalau Blue Moon itu karena dalam satu bulan akan terliat purnama dua kali, tapi bukan purnama berwarna biru. Dan itu bukan peristiwa alam, tetapi istilah saja”

Penampakan bulan, berbeda dengan penampaan bintang. Bulan terlihat bersinar karena pantulan cahaya matahari. Jadi bulan tidak memancarkan cahaya tetapi memantulkan cahaya. tentunya terganting yang menyinarinya kaan ?

Pembiasan Cahaya Matahari oleh Atmosfer Bumi.

Sudah banyak yang tahu kalau gerhana bulan terjadi akibat cahaya matahari tertutup oleh bumi. Namun sebenernya juga tidak seluruhnya cahaya itu akan menutupi bulan. Fenomena pembiasan oleh lapisan atmosfer bahkan mampu mengurai cahaya matahari mirip seperti uraian cahaya matahari yang menyebabkan timbulnya pelangi.

Warna biru memiliki panjang gelombang yang pendek, sedangkan warna merah memiliki frekuensi yang rendah. Perbedaan panjang gelombang dan frekuensi inilah yang menyebabkan sudut pembiasannya berbeda.

Pembiasan sinar matahari yang membelokkan warna merah dan warna biru. Menyebabkan warna merah menyinari bulan.

Ilmuwan NASA menjelaskan, “Warna yang tampil di Bulan bergantung pada besarnya jumlah debu serta awan di atmosfer. Jika ada partikel tambahan di atmosfer, misalnya dari letusan gunung berapi, maka Bulan akan berwarna merah gelap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here