Ndonya Tambah Ngagetke : Selamat Tahun Baru 2018

0

Dunia Semakin Mengagetkan.

Perubahan tata dunia era dijital semakin cepat bergerak.Tidak hanya dunia perdagangan lewat online saja, tidak hanya semakin banyaknya mobil listrik, juga bukan sekedar otomatisasi. Namun hampir semua berubah dengan sangat cepat.

Jangan ikuti semuanya
Jalannya semakin cepet

Kita ga bakalan mampu mengikuti semua perubahannya. Akhirnya setiap individu hanya akan berkonsentrasi dan bergabung pada bidang2 yang diminatinya. Saat ini sudah hampir 150 Juta Pengguna Internet Indonesia, didalamnya ada 40% Penggila Medsos. Dan Medsos ini sudah tumbuh tidak sekedar berhaha-hihi saja lewat group. Tapi juga berjualan, diskusi tehnis dan lebih hebatnya lagi sering diakhiri dengan ngompol (ngomongin politik) dan ujungnya ribut karena penebaran hoax.

Perubahan Medsos yang anda ikuti mungkin berbeda antara yang satu dengan yang lain. Kalau dulu hampir kita semua pakai SMS, kemudian rame-rame berganti ke Black Berry Messanger. Setelah redup berikutnya berubah ke WhattsApp. dan sebagian ada yang ke LINE sebagian lagi lebih aktif di Instagram, dan masih banyak yang menggunakan FaceBook. Smartphone-lah yang akhirnya menghubungkan antara web dengan telepon genggam. Dan ketika telepon genggam dipakai untuk berbagai kebutuhan semua informasi menjadi dalam genggaman.

Akhirnya kita hanya akan mengikuti 2 sampai 3 medsos andalan saja, kitapun akan menjadi warga dari ntah itu Instagram, Steller, Facebook, Line, Whatsapp, Path, Pinterest, Reddit, Google+, YouTube, Twitter, Skype, LinkedIn dll.

🙁 “Pakde, menjadi warga negara mana, Negara Facebookia atau Instagramia ?

Terkotak-kotak tapi terhubung.

Dunia semakin terhubung secara virtual
Dunia semakin terhubung secara virtual

Nantinya, ketika kita hanya mampu mengikuti dua atau tiga SosMed saja yang menjadi dunia baru setiap individu. Dunia semakin terkotak-kotak, namun jangan takut setiap kotak itu sudah terkoneksi. Artinya anda masih bisa bersilaturahmi, terkoneksi dengan jaringan (network). Anda berada dalam satu kotak dengan sejawat, sepeminat dan sehobby, atau bahkan satu kelompok alumni anda bertemu dengan kawan sesama pelari atau penggemar motor.

🙁 ” Pakde apa nanti kita kehilangan teman ?
😀 “Jangan takut, Tole. kita tidak akan pernah sendirian. Yang penting dapet sinyal !”

Setiap kotak akan mengumpulkan kita pada satu aktifitas tertentu. Kita tidak hanya hidup dalam satu kotak, kita dapat menjadi anggota beberapa kotak. Tidak disetiap kotak kita bertemu teman yang sama, karena memang setiap kita tidak selalu sama, kan ? Yang sesama hobby mancing belum tentu sama-sama suka lari-pagi kan ?

Lantas Apa Arti Seorang Sahabat ?

Kalau dahulu kita memiliki sahabat yang seringkali bersama-sama dalam setiap aktifitas yang kita lakukan. Sahabat kita selalu berbarengan, “runtang-runtung”.  Nantinya sahabat kita banyak, ada sahabat main game, ada sahabat bersepada, dan ada sahabat dalam ber-olah raga.

Di era damai tanpa perang pasca Perang Dunia II, ini kita sudah melalui banyak tahapan perubahan. Kalau sebelumnya lebih banyak persaingan dalam berbisnis, hingga munculnya lisensi dan hak kepemilikan personal (proprietary right). Sekarang kita sudah memasuki era dimana sharing, berbagi, kebersamaan dan keterbukaan akan lebih baik ketimbang bersaing dan slaing tertutup.

Era kedepan perubahan mendadak dan cepat tidak lagi akan dianggap disrupsi (disruption) tidak lagi dianggap sebagai hambatan yang harus dihadapi, tapi perubahan cepat akan dianggap sebagai ENABLER. memberdayakan dan memudahkan !

Selamat Tahun baru 2018 !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here