Bisakah Informasi Migas *TERBUKA* seperti Geothermal ini ?

1

Ada sebuah berita bagus untuk peminat geothermal, Panas Bumi. Dirjen EBTKE Direktorat Panas Bumi telah merilis e-book “Buku Potensi Panas Bumi Indonesia 2017 Jilid 1 & 2” di :

  1. Buku Potensi Panas Bumi Indonesia 2017 Jilid 1 (61.43 MB) 
  2. Buku Potensi Panas Bumi Indonesia 2017 Jilid 2 (54.19 MB)
Informasi dasar yang biasanya menjadi acuan dasar sebelum geologist melakukan kegiatan eksplorasi dan produksi.

Isi dari kedua buku ini sangat-sangat bermenfaat untuk memulai kegiatan eksplorasi dan produksi. Cukup menarik bahkan mengagetkan didalamnya terdapat informasi besarnya potensi yang kalau dalam industri migas mungkin sudah sampai ketogori LEADS (atau petunjuk), didalamnya sudah mengandung angka potensi dalam rentang yg dapat dipertanggungjawabkan secara akademis.

Informasi “cadangan” ini sangat bermanfaat untuk melihat seberapa besar potensi yang sudah tercatat hingga kini, khususnya untuk potensi Panas Bumi.

Di Industri migas angka-angka sumberdaya/cadangan ini dikenal dalam leads/prospects, yaitu potensi hjebakan-jebakan migas yang diidentifikasi dari data seismic atau data bawah permukaan lainnya. LEADS/PROSPECTS memang ini sangat rahasia, karen amenyangkut “dompetnya” perusahaan. Namun sebenernya ada aturan Permen boleh membukanya setelah 6 tahun. Jadi ada celah supaya menjadikan infomrasi ini terbuka ke publik dan diketahui periset juga dapat diketahui oleh (calon) investor.

🙁 “Wah salut ke Pak Jonan, yang berani membuka informasi ini ya Pakdhe?”
😀 “Ya semestinya informasi setara ini untuk migas juga dibuka saja sama Pak Jonan”

Kalau saja informasi migas, dan juga batubara, dan tambang lainnya terbuka, sebagai bagian dari transparansi informasi publik, tentunya pengembangan pemanfaatannya juga akan lebih menggairahkan dunia pertambangan dan migas.

Semoga saja.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here