Pesta Blogger-2008 – “Blogging for Society”, apa pula itu ?

35
Blogosphere
Blogosphere

Aku barusan buka komentar eh sahabatku Kang Kombor ngasi tahu mau ada pesta lagi. Haddduh rasanya Pesta Blogger 2007 barusaja berlalu, lah kok udah rancangan ada Pesta Blogger 2008. Pakai tema lagi. Katanya sih temanya keren bangget “Blogging for society”.

🙁 “Pakdhe , artinya jadi blogger itu hanya pekerjaan sosial gitu ya ? Ndak ada bayarannya. Emangnya kerja bhakti tujuhblasan !”

Waaah jadi ingat aku memiliki satu Blogosphere Model. Model blogosfir ini menggambarkan seperti apa mapping atau pemetaan dari lingkungan blogger dalam lingkungan lainnya.

Banyak yang nggak ngeh ternyata. Karena memang ini bukan sekedar dongeng. Ini merupakan gambaran seperti apa blogger itu dalam peranannya di dunia nyata. Memang betul blog ada dalam dunia maya tetapi blogger adalah “manusia” yang ada di dunia nyata.

🙁 “Betul Pakdhe, Blogger juga manusia !”

Sepertinya tema kali ini menjawab tantangan Pak Menkominfo sewaktu membuka Pesta Blogger 2007, tahun lalu. Waktu itu tema Pesta adalah “Suara Baru Indonesia” dan Pak Menkominfo menantang dengan tiga hal “Fungsi pendidikan, Pemberdayaan dan Pencerahan.
Tiga hal itu
aku catat khusus disini : Hay, Blogger Sampai Dimana Kamu ?

Ya betul emang blogger untuk siapa ?

Bacaan penting :

My view of Blogosphere (1) – Menyambut Pesta Blogger 2007

My view of Blogosphere (2) Bangun euy !

35 KOMENTAR

  1. wah, saya baru blajar ngeblog pak de,eh ternyata dah mo ada pesta…kira2 saya diundang g pak dhe?

    boleh ya pak dhe saya nge link blog pak dhe….

  2. Sugeng Dalu pakDe.
    Salam hormat saking Semarang…
    Berharapnya sih PakDE kerso ngritisi tulisan junioren Njenengan di dunia ngeBlog ini. Soal dan temanya kebetulan sama. Soal Society Blogger.

    nuwun
    gus

  3. Wah… PakDhe belum bagi-bagi ke saya paras para peserta Pesta Blogger 2007 lalu nih.

    Bisa dibuat albumnya, PakDhe. Koleksi wajah blogger. Kalau pada captionnya ada alamat blog pemilik wajah itu, …top banget deh! Jadi pustaka wajah blogger.

  4. Wah, Pak Rovicky menggambarkan blogsphere menggunakan pendekatan system thinking … salut pak Dhe … benar2 kelihatan kualitas pemikiran seorang Rovicky …

    Dalam beberapa hal, saya sepakat dengan model yang Anda sintesiskan itu pak … dan itu bisa dijadikan referensi untuk “doing something for society” …

    Sampai ketemu kembali Pak Rovicky pada pesta blogger 2008 …

  5. Blogger sekarang ada di manapun: di kamar, di sekolah, di warung, di terminal, atau di kampus.
    Oleh karena itu, blogger siap menyammbut pestanya.

    Ini yang namanya pesta Blogger, pastilah baik bila persiapan cukup waktunya. Semoga panitia mempersiapkan pesta Blogger ini dengan sebaik-baiknya. Lancar. Bebas gangguan. Proficiat ya atas pesta yang akan berlangsung spesial bagi blogger se-Tanah Air.

  6. mbok sya ditolongi mas ato mbak gmn sih cara buat blog? jujur saya nggak tau caranya. pgn lho saya itu nulis hidup saya atau cerita2 menarik di intrnet. tp g tau prosedurnya
    misal kayak pak dhe rosvicky ini.. gmn to pak saya harus create account dimana? selama ini saya online cm lewat hp saya

  7. setuju! :mrgreen: apa pun yang kita tulis di blog, baiknya memberi suatu manfaat buat masyarakat, dan itu bukan cuma dari sisi bloggernya ajah, tapi di sisi masyarakat juga perlu didorong untuk membaca blog sebagai sumber informasi :mrgreen:

  8. sebagai blogger pemula, saya masih dalam tahap blogging for my self, not for society, kapan ya??
    Btw, pak dhe..pesta blogger itu bentuknya kaya’ apaan ya, apa kaya’ perayaan di tipi2?

  9. Salam
    Wah klo sampai Pak Dhe beneran mo bikin mapping bolgsfir, kayaknya ga masuk pemetaan 😀
    tapi beneran lho ditunggu banget dongengan mappingnya ya Pak Dhe 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here